Sunday, May 10, 2015

Komputer Rp 100 Ribuan Punya Port Lebih Banyak dari MacBook

, CNN Indonesia
Komputer Rp 100 Ribuan Punya Port Lebih Banyak dari MacBook CHIP menjadi komputer pertama berukuran kecil buatan Next Things Co yang dijual seharga US$ 9. (Dok. Next Things Co)
 
Jakarta, CNN Indonesia -- Sebuah perusahaan bernama Next Thing Co sedang mengembangkan komputer mini bernama CHIP dengan cara menggalang dana di situs web Kickstarter. Rencananya, komputer ini akan dibekali lubang koneksi (port) yang lebih banyak dari MacBook terbaru berukuran 12 inci.

Ketimbang MacBook terbaru yang hanya menyediakan satu port USB Type-C, CHIP menyediakan tiga port yaitu USB, Micro USB, dan jack audio 3,5 mm. Bahkan, CHIP mediakan lubang SD card untuk memberi pilihan ekspansi media penyimpanan data.

Baca juga: Ketika Perusahaan Besar Bikin Komputer Sebesar Jempol

Next Thing Co menjanjikan komputer seukuran kartu kredit ini dapat digunakan untuk terhubung ke Internet, memeriksa email, bahkan bermain game. Harga yang ditawarkan sangat murah, US$ 9 dollar atau sekitar Rp 117 ribu jika dikonversi dengan kurs mata uang saat ini.

Di dalamnya sudah berjalan sistem operasi Linux lalu ada aplikasi pendukung Libre Office untuk memenuhi tugas perkantoran, aplikasi peramban Chrome, dan alat pengkodean Scratch, pemutar video VLC, dan aplikasi rekayasan gambar GIMP.

Di dalam CHIP terdapat prosesor berkecepatan 1 GHz, memori RAM 512 MB dan kapasitas memori internal 4 GB. Tak ketinggalan pula fungsi nirkabel seperti Bluetooth 4.0, dan Wi-Fi 802.11 b/g/n.

CHIP dapat dioperasikan bersama dengan keyboard, mouse, dan layar komputer. Si pembuat merancang komputer ini untuk pengembang aplikasi dan para pehobi komputer.

CHIP sejatinya akan meramaikan pasar komputer seukuran kartu kredit yang telah diramaikan oleh Arduino, Raspberry Pi, Google Chromebit dan Intel Compute Stick. (adt/eno)

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Komputer Rp 100 Ribuan Punya Port Lebih Banyak dari MacBook

0 comments:

Post a Comment