Tuesday, June 9, 2015

Nyetrum Air Hujan Jadi Rahasia Kesehatan Warga Dusun Bunder Klaten

Sukma Indah Permana - detikNews

Halaman 1 dari 2
Nyetrum Air Hujan Jadi Rahasia Kesehatan Warga Dusun Bunder Klaten
Klaten - Meski tinggal di kawasan yang tak memiliki sumber air, dan selama ini hanya hidup dengan air hujan, warga Dusun Bunder hidup sehat dan bugar. Ternyata mereka memiliki cara untuk mengolah air hujan menjadi rahasia kesehatan tubuhnya.

"Kami punya alat untuk membuat air hujan jadi bisa langsung diminum, sejak 2 tahun lalu dikenalkan oleh Romo Kir," ujar‎ salah seorang warga Agustinus Gunawan (40).

Hal ini disampaikan Gunawan atau yang akrab disapa Gun di RT 14 RW 4, Dusun Bunder, Desa Bandungan, Kecamatan Jatinom, Klaten, Senin (8/6/2015).

Romo Kir bersama seorang Peneliti bernama Joko yang berasal dari Yogyakarta menciptakan alat yang disebut electrolyzer. Saat bertugas di Gereja Paroki Roh Kudus Kebonarum, Klaten sekitar tahun 2013, dia memperkenalkan alat tersebut kepada warga secara perlahan.

Gunawan menjelaskan alatnya ini terbuat dari dua kotak plastik yang diberi sambungan peralon dengan bejana berhubungan. Air hujan yang bersih kemudian ‎dialiri listrik searah (DC).

Air hujan yang telah dialiri litrik ini mengalami proses ionisasi. Perhitungannya, untuk 6 liter air per kotaknya, bisa dikonsumsi setelah 6 jam dialiri listri. Namun hal itu masih tergantung dengan kadar mineral air.

"Kalau air hujan mineralnya rendah, kalau air tanah mineralnya tinggi. Semakin banyak (mineralnya), maka semakin cepat (proses ionisasi),"‎ kata Gunawan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Nyetrum Air Hujan Jadi Rahasia Kesehatan Warga Dusun Bunder Klaten

0 comments:

Post a Comment